Halaman Utama E-mail Peta Situs Kontak Kami
  Newsflash  
Gula Darah Tinggi Tingkatkan Risiko Alzheimer
Ditulis oleh Administrator   
Monday, 13 May 2013

 

 

 

 

 

 

 

Tak hanya diabetes, kadar gula tinggi dalam darah pun juga menjadi faktor risikoAlzheimer. Sebuah studi baru yang dimuat jurnalNeurology menemukan, mereka yang memiliki risiko penyakit kepikunan Alzheimer mengalami peningkatan kadar gula dalam darahnya. 


Studi sebelumnya menemukan bahwa diabetes merupakan salah satu faktor risiko Alzheimer. Namun riset terbaru yang dilakukan para peneliti dari University of Arizona ini ingin menguji apakah kadar gula darah tinggi pada orang non-diabetes juga dapat meningkatkan risiko Alzheimer.

Studi ini melibatkan 124 orang relawan berusia 47 hingga 68 tahun dan tidak menderita diabetes. Para peserta memiliki fungsi otak yang normal, namun keluarga mereka memiliki riwayat Alzheimer. Relawan ini menjalani pemindaian untuk mengetahui aktivitas metabolisme pada otak.

Seseorang yang menderita Alzheimer biasanya akan menunjukkan penurunan metabolisme pada area tertentu dalam otak. Ternyata, pada orang dengan kadar gula darah yang tinggi juga ditemukan pola penurunan metabolisme tertentu pada area otak tersebut.

Pimpinan penelitian ini, Christine Burns mengatakan bahwa hasil temuan ini diharapkan dapat berguna dalam mengembangkan intervensi dini Alzheimer.

"Banyak riset berharga yang memfokuskan pada pengobatan dan perlambatan penurunan kognitif pada pasien Alzheimer. Studi ini dapat semakin melengkapi riset-riset sebelumnya dengan intervensi yang dapat diimplementasikan lebih awal, mungkin saat usia paruh baya," papar Burns.

Faktor risiko Alzheimer yang selama ini sudah diketahui adalah  usia dan keturunan, namun ada pula faktor-faktor lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Studi ini menemukan kaitan antara penyakit Alzheimer dengan kadar gula darah yang tinggi, namun belum dapat menjelaskan hubungan sebab-akibat.

 
via: kompas health 
Terakhir Diperbaharui ( Monday, 13 May 2013 )
 
Foto Kegiatan
Ditulis oleh Administrator   
Friday, 03 May 2013
Terakhir Diperbaharui ( Monday, 06 May 2013 )
 
Tantangan Dan Harapan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung 2013
Ditulis oleh Administrator   
Wednesday, 01 May 2013

 

Terakhir Diperbaharui ( Friday, 03 May 2013 )
 
Obat HIV Semakin Dekat
Ditulis oleh Administrator   
Tuesday, 30 April 2013

 Para ilmuwan dari Denmark optimis mereka sudah semakin dekat menemukan obat untuk mengatasi human immunodeficiency virus (HIV). 

Riset yang dilakukan tim dari Aarhus University Hospital sudah sampai pada uji klinis pada manusia menggunakan strategi baru yang terbukti efektif pada uji laboratorium. 

Padahal beberapa hari sebelumnya diberitakan bahwa penelitian pemerintah AS untuk mengembangkan vaksin AIDS dihentikan karena percobaan klinis menunjukkan hasil mengecewakan. 

Tim ilmuwan dari Denmark menggunakan terapi yang mengenyahkan virus dari semacam tendon yang terbuat dari sel DNA, yang dengan bantuan sistem imun tubuh dan sedikit bantuan dari vaksin, bisa dihancurkan. 

Meski terapi tersebut terbukti efektif saat dicoba menggunakan sel kulit manusia di laboratorium, efikasi atau keberhasilan pada tubuh manusia belum terbukti. 

"Tantangannya adalah membuat sistem imun pasien mengenali virus dan menghancurkannya. Ini tergantung pada kekuatan dan sensitivitas sistem imun individu," kata Dr.Ole Sogaard, peneliti senior. 

Penelitian pada manusia itu akan melibatkan 15 pasien dengan dana dari Danish Research Council sebesar 2,1 juta dollar. Studi serupa juga dilakukan tim ilmuwan Inggris dari lima universitas. Kedua riset itu bertujuan untuk menyembuhkan orang yang sudah terinfeksi virus, bukan mencegah HIV atau AIDS.

Dr.Anthony Fauci, kepala U.S National Institute of Allergy and Infectious Diseases, mengatakan kegagalan riset pengembangan vaksin AIDS memang "mengecewakan, tetapi menurutnya setidaknya ada informasi penting yang diperoleh.  
Penelitian itu melibatkan 2.504 relawan di 19 kota di Amerika Serikat sejak tahun 2009. Sebelum ini, sudah dilakukan berbagai studi untuk vaksin baru AIDS namun semuanya menemui kegagalan.

 cr: kompas health

Terakhir Diperbaharui ( Tuesday, 30 April 2013 )
 
<< Mulai < Sebelumnya 41 42 43 44 45 46 47 Berikutnya > Akhir >>

Hasil 201 - 205 dari 235
 
Polls
Bagaimana kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung ?
 
Latest News
Popular
 
Hak Cipta © Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung