Halaman Utama E-mail Peta Situs Kontak Kami
  Newsflash  
PROGRAM MINUM OBAT MASSAL PENCEGAHAN (POMP) FILARIASIS PUTARAN 4 TAHUN 2012 DI KABUPATEN BANDUNG Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Friday, 12 October 2012

FILARIASIS adalah penyakit infeksi yang bersipat menahun, disebabkan oleh CACING FILARIA ditularkan oleh NYAMUK. Penyakit ini dapat menimbulkan cacat menetap berupa PEMBESARAN KAKI, LENGAN, KANTONG BUAH ZAKAR DAN PAYUDARA. Bisa menyerang SEMUA ORANG, BUKAN KUTUKAN, GUNA-GUNA ATAU KETURUNAN.

Kabupaten Bandung merupakan salah satu daerah endemis Filariasis, oleh sebab itu ada Program Minum Obat MassalPencegahan (POMP) Filariasis selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2009 - tahun 2013, tahun 2012 ini merupakan putaran ke 4.

Pelaksanaan POMP Filariasis akan dilaksanakan serentak mulai tanggal 15 Oktober sd 15 November 2012 di seluruh wilayah kabupaten Bandung dengan jumlah sasaran sebanyak 2.525.000 orang  yang berusia 2 tahun sampai 65 tahun. Tenaga pelaksana melibatkan dokter 120 orang, tenaga paramedis 800 orang, kader terlatih 16.600 orang, yang tersebar pada 4.150 POS Minum Obat.

Direncanakan Bapak Bupati akan melaksakan pencanangan POMP Filariasis hari senin tanggal 15 Oktober 2012, jam 13.00 di Aula Kecamatan Banjaran.

Obat yang diminum adalah Diethyl Carbamazine Citrate (DEC) dan Albendazol yang dikenal sebagai OBAT CACING, yang akan dibagikan secara cuma-cuma alias ....... GRATISSSS !!!!!!...... . Bagi anak usia <2 tahun, Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Sakit Berat, Kasus Kronis Filariasis, Balita Marasmus, kwasiorkor, gizi buruk sebaiknya pengobatannya ditunda.

Aturan minum obat : harus dalam keadaan sehat, obat diminum harus sesudah makan, waktu minum obat sore hari/ malam

Dengan mengikuti minum obat cacing Pencegahan Filariasis berarti kita akan mencegah terjadinya kecacatan menetap pada 32.000 orang masyarakat kabupaten bandung.

Terakhir Diperbaharui ( Monday, 15 October 2012 )
 
< Sebelumnya   Berikutnya >
 
Hak Cipta © Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung